Terbaru »

[Review] Samsung Galaxy Ace 2 GT-I8160 - Fitur Multimedia Mantap

Penulis : di 20:27


Samsung Galaxy Ace 2 GT-I8160 tampil dengan beberapa perubahan diantaranya layar yang lebih luas, prossesor dual-core dan antarmuka terbaru untuk menggoda para konsumennya. Sayangnya perubahan tersebut tidak terdapat pada sistem operasi yang dibawakannya. Penerus seri Galaxy Ace ini sayangnya masih menggunakan Android 2.3 Gingerbread, padahal sudah banyak vendor lain yang memberikan Android ICS di smartphonenya.

DESAIN dan ANTARMUKA

Konsep bodi yang dibawa oleh Samsung Galaxy Ace 2 semakin terlihat cantik dengan model rounded empat sikunya menumpul dengan kesan argonomis dibandingkan pendahulunya. Dimensinya juga lebih besar dan bongsor yaitu 118.3 x 62.2 x 10.5mm dengan berat 122 gram.
Samsung Galaxy Ace 2 GT-I8160
Layar yang dibekalkan juga terlihat lebih jernih dan karena bodinya semakin besar lebar layar juga ikut semakin membesar yaitu 3.8 inci. Layar menggunakan PLS TFT capacitive touchscreen dengan kedalaman 16 juta warna dan menghasilkan ketajaman piksel hingga 480x800 piksel.

Pada bagian tombol, Galaxy Ace 2 masih menganut model pendahulunya dengan 3 buah tombol dibawah layarnya yang mempunyai fungsi back, home dan pengaturan. Sayangnya material yang dipakai kurang begitu mengesankan, hal ini dikarenakan bahan yang dipakai menggunakan lapisan glossy yang mengkilap dan terkesan seperti ponsel kelas bawah.

Halaman homescreen pada Samsung Galaxy Ace 2 terdapat 7 buah halaman yang bisa dikostumisasi dengan beragam pintasan, folder dan widget. Antarmuka terlihat lebih cantik berkat menggunakan Touchwiz 4.0 serta didukung dengan layar yang lembut sehingga membuat kenyamanan saat bertransisi antar fitur. Anda juga bisa menentukan kategori berdasarkan folder atau halaman sehingga mudah saat mengelompokkan aplikasi yang anda miliki.

KAMERA

Untuk urusan jepret-menjepret, kamera pada Galaxy Ace 2 sudah bisa diandalkan untuk menyimpan kenangan-kenangan anda dalam foto dan video. Kamera sudah berkekuatan 5MPx (2592x1944 piksel) yang dilengkapi lampu kilat dan autofocus. Untuk mengambil objek, anda harus menyentuh layar untuk mengambil gambar karena kamera Galaxy Ace 2 tidak dilengkapi tombol shutter fisik.

Untuk hasil kamera dalam jarak dekat terbilang mantap dan tajam, hal ini dibuktikan dengan tes saat mengambil foto sebuah dokumen dalam jarak dekat dan hasil yang diperoleh sangat memuaskan. Untuk hasil didalam ruangan juga cukup memuaskan walaupun tidak sebagus saat pengambilan gambar diluar ruangan. Komposisi warna terlihat bisa menghasilkan foto berkualitas dan tingkat noise juga sudah tidak terlihat, apalagi gambar yang dihasilkan terlihat lebih natural dan detail.

MUSIK

Untuk hiburan disaat senggang, anda bisa mengandalkan smartphone ini. Kualitas suara yang dikeluarkan dari speaker Samsung Galaxy Ace 2 sudah tergolong bagus. Suara tetap terdengar merdu meski volume suara didorong pada level maksimal. Pemutar musik juga sudah dilengkapi dengan equalizer dengan beragam genre pilihan seperti jazz, pop, rock, classic, dance dan masih banyak lainnya. Sementara untuk sound efek anda dapat memilih beragam pilihan seperti normal, wide, concert hall, music clarity, bass enhancement dan externalisation.

KONEKTIVITAS

Seperti pada kebanyakan smartphone Android, Samsung Galaxy Ace 2 memiliki beragam koneksi yang bisa anda gunakan. Anda bisa menggunakan Wi-Fi yang sudah mengusung teknologi DLNA, Wi-Fi Direct dan Hotspot. Selain itu juga ada Bluetooth v3.0 dengan A2DP untuk koneksi antar perangkat. Sedangkan untuk jalur operator tersedia HSDPA yang memberikan anda akses cepat hingga 14.4Mbps.

KINERJA

Dengan harga yang ditujukan untuk kalangan menengah keatas tentunya harus memiliki performa yang bisa diandalkan. Samsung Galaxy Ace 2 dibekali prossesor dua inti dengan frekuensi 800MHz dan dibantu oleh GPU Mali-400MP untuk menyajikan grafik dengan kualitas baik. Memori RAM yang disematkan juga sudah bertambah dari pendahulunya yaitu sebesar 768Mb. Untuk menyimpan segala data yang anda miliki, Galaxy Ace 2 memberikan ruang bebas sebesar 4Gb dengan tambahan slot microSD jika anda merasa kurang.

SPESIFIKASI SAMSUNG GALAXY ACE 2 GT-I8160

Fitur Keterangan
JaringanGSM 850/900/1800/1900
HSDPA 900/2100
CPUProssesor Dual-Core 800MHz, Chipset NovaThor U8500, GPU Mali-400MP
MemoriInternal: Storage 4Gb, RAM 768Mb
Eksternal: microSD hingga 32Gb
LayarPLS TFT capacitive touchscreen 16M warna, 3.8 inci (480x800 piksel), multitouch, TouchWiz v4.0 UI,
Sistem OperasiAndroidOS 2.3 Gingerbread
KameraUtama: 5MPx (2592x1944 piksel), LED flash, autofocus, geo-tagging, face n smile detection, Video 720p@30fps
Sekunder: VGA
KoneksiWi-Fi 802.11 b/g/n;DLNA;Wi-Fi Direct;Wi-Fi Hotspot, HSDPA up 14.4Mbps, Bluetooth v3.0 with A2DP, microUSB 2.0,
Fitur LainnyaA-GPS n GLONASS, Dokumen editor, FM Radio, Image Editor, Orginizer, Java, Samsung Apps, Google serach, Gmail, Maps, Pollaris Office, Social Hub, Weather, Game Hub, Chat On, Messenger, Google Talk, Youtube, Predictive text input, Voice memo/dial, MP3/WAV/eAAC+/FLAC/MP4/H.263/H.264, Email, Sensor: Proximity, Compass, Accelerometer
BateraiLi-Ion 1500mAh
HargaRp. 2.900.000 (per Agustus 2012) Harga Samsung lain disini

KESIMPULAN

Secara keseluruhan Samsung galaxy Ace 2 GT-I8160 sudah bisa diandalkan. Kinerja dan kamera sudah bagus dan prima serta internal memori yang dibawakan sudah lapang yaitu 4GB. Sayangnya bahan material cassing terkesan kurang menunjukkan kemewahan sebagai ponsel kelas menengah ke atas.
Share ke temanmu : :

1 komentar:

guzryant said...

apakah ada aplikasi untuk fasilitas zooming camera pada SAMSUNG GALAXY ACE 2 GT-I8160, terima kasih

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung
Komentar yang berkualitas saya harapkan dari para pengunjung situs ini
(Karena banyaknya komentar yang masuk spam, sebaiknya gunakan nama untuk memberikan komentar)

 
Copyright © 2012. CingheDotCom - All Rights Reserved - About Me | Contact Us | Kebijakan Privasi