Terbaru »

5 Tips Menjelajah Internet Dengan Aman dan Nyaman

Penulis : di 14:41


Menjaga agar komputer selalu tetap aman saat berinternet merupakan penting supaya aktifitas internet anda tetap nyaman dari gangguan virus dan spyware. Hal ini tentunya juga memberikan anda keamanan dan rasa nyaman apabila anda menggunakan komputer anda untuk berbelanja online. Berikut beberapa tips yang bisa anda gunakan untuk menjaga komputer anda tetap aman dan nyaman saat melakukan aktifitas online di dunia maya/internet:

1. Aktifkan Firewall
 Mengaktifkan firewall merupakan salah satu langkah yang sangat baik untuk mengantisipasi orang-orang yang ingin memasuki sistem komputer anda. Firewall pada komputer pada dasarnya sudah diaktifkan, anda hanya perlu memeriksa secara teratur sebelum anda terhubung ke internet apakah firewall sudah aktif atau belum.

2. Buatlah Password yang berbeda pada setiap akun
Password merupakan hal yang penting yang harus anda buat untuk melindungi komputer anda. Anda harus memiliki password anda sendiri pada setiap aktifitas anda apalagi bila anda mempunyai banyak akun dan banyak melakukan kegiatan berbelanja secara online. Salah satu cara yang baik adalah memberikan password yang berbeda pada setiap akun anda dengan menggunakan campuran huruf dan angka seperti A5GhA78gD.

3. Update Browser anda
Banyak dari pengguna internet yang masih menggunakan browser yang out of date atau kadaluarsa padahal pihak pengembang browser tersebut sudah memberikan update terbaru untuk browser mereka. Anda bisa melakukan update secara otomatis apabila pembaharuan dari browser yang anda gunakan sudah tersedia atau anda bisa mendownload versi terbaru dan menginstalnya kembali untuk mendapatkan pembaharuan. Sebagai alternatif lain anda bisa mendownloadnya lewat link dibawah ini:
Download Mozilla Firefox
Download Google Chrome
Download Opera Browser

4. Encrypt File anda
Mungkin ini jarang dilakukan oleh kebanyakan orang bahwa anda dapat mengenkripsi file anda dengan mudah. Caranya yaitu anda tinggal klik kanan pada file/folder yang ingin anda enkripsi lalu pilih advance dan centang pada Encrypt contents to secure data. Dengan anda mengenkripsi file tersebut akan menyulitkan orang lain untuk melihat dan membaca file anda.

5. Update software antivirus
Virus baru sangat cepat berkembang bahkan bisa setiap jam virus baru bisa ditemukan. Hal ini tentu akan sangat berbahaya apabila anda mengupdate antivirus komputer anda setiap 2-3 minggu sekali. Jika anda menggunakan antivirus sebaiknya anda melakukan update paling sedikit dalam 1 minggu anda melakukan update 2 kali. Saya sendiri melakukan update antivirus setiap hari karena saya tidak mau mengambil resiko terhadap ancaman virus yang menyerang komputer pribadi saya.

Semoga bermanfaat...
Share ke temanmu : :

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung
Komentar yang berkualitas saya harapkan dari para pengunjung situs ini
(Karena banyaknya komentar yang masuk spam, sebaiknya gunakan nama untuk memberikan komentar)

 
Copyright © 2012. CingheDotCom - All Rights Reserved - About Me | Contact Us | Kebijakan Privasi