Terbaru »

[Review] Acer Liquid Z110 - Hanya Andalkan Fitur Dual SIM

Penulis : di 06:58


DESAIN
Dimensi: 110 x 61.5 x 12.3mm; Berat: 100gram; Konsep: Fulltouchscreen
Liquid Z110 hadir dengan konsep desain yang tetap mempertahankan ciri khas smartphone Acer dengan lekukan pada bagian atas dan bagian bawah. Konsep desain yang dianut oleh penerus seri Liquid ini mirip dengan Liquid E dan Liquid Mini yang pernah singgah ke pasar tanah air. Perbedaan yang mencolok dibandingkan kedua seri sebelumnya yaitu dengan hilangnya tombol sentuh search, sehingga kini pada Liquid Z110 hanya memiliki 3 buah tombol sentuh yang ada dibawah layarnya.

Jika dilihat dari samping, nampak smartphone ini begitu tebal, apalagi ditambah lebar bodinya juga lumayan besar mengesankan bahwa perangkat ini cukup berat saat digunakan. Namun kenyataannya, Liquid Z110 memiliki berat hanya 100 gram sehingga cukup nyaman buat digunakan.

INTERFACE dan OS
Android 2.3.6 Gingerbread
Maraknya perangkat yang sudah menggunakan Android ICS sebagai pemikat konsumen, tidak membuat Acer memberikan versi terbaru Android untuk Liquid Z110. Nyatanya, perangkat ini masih menggunakan versi Gingerbread untuk versi Android yang menjalankannya. Acer juga tidak menyebutkan bahwa akan menyediakan upgrade terbaru untuk sistem operasinya.

Selain masih menggunakan OS yang jadul, tampilan interface yang masih digunakan Liquid Z110 juga tidak mengalami pembaharuan. Acer hanya membenamkan lockscreen homescreen dan ikon standar bawaan Gingerbread. Beberapa perbedaan yang ada terdapat pada tray notifikasi yang menampilkan sejumlah easy toogle untuk mengontrol koneksi dan sebagainya.

LAYAR
3,5 inchi TFT kapasitif touchscreen, 256K warna, 320 x 240 piksel (165ppi); Multitouch
Belum ada peningkatan yang mencolok dari layar yang digunakan Liquid Z110 dibandingkan pendahulunya, hanya terdapat layar TFT dengan kedalaman warna 256K dengan resolusi HVGA. Layar berukuran 3.5 inchi dengan kerapatan piksel hanya 165ppi sehingga kurang begitu tajam saat menampilkan gambar.

KAMERA
3.15MP (2048x1536 piksel); Geo-tagging; video recorder FWVGA
Liquid Z110 dibekali dengan sebuah kamera yang terletak dibelakang bodi dengan kemampuan mengambil gambar maksimal 3.15 mega piksel. Kamera juga memerlukan tambahan memori eksternal saat digunakan, artinya tanpa adanya memori card eksternal fitur kamera tidak dapat digunakan memotret atau merekam video.

Kamera juga tidak dilengkapi adanya lampu flash untuk pengambilan objek yang minim cahaya, selain itu fitur kamera juga minim hanya terdapat pilihan smile shot, burst shot dan panorama. Sedangkan untuk berkreasi terdapat 6 pilihan efek warna yang bisa digunakan.

DUAL SIM
Dual On; SIM1 HSDPA; SIM2 GSM
Acer memberikan dukungan dual SIM untuk Liquid Z110 sehingga anda dapat menggunakan dua SIM card operator yang berbeda yang sama-sama aktif. Pengguna juga diberikan pengaturan untuk menentukan kartu SIM mana yang digunakan untuk panggilan, sms dan internet melalui Setting>>SIM management. Untuk dukungan internet yang cepat hanya didukung oleh salah satu SIM card saja yaitu pada SIM 1.

KONEKTIVITAS
GPRS/EDGE/HSDPA/HSUPA; Wi-Fi; Bluetooth; microUSB 2.0, USB Tethering, Portabel hotspot, HTML browser
Liquid Z110 memiliki konektivitas standar dengan beberapa pilihan seperti Wi-Fi, Bluetooth dan jalur data operator. Untuk berselancar internet, tersedia jaringan operator yang sudah mendukung layanan HSDPA sehingga bisa lebih cepat menggunakan browser bawaan Android yang mampu membuka hingga 8 halaman sekaligus. Namun sayangnya browser tersebut belum mendukung Flash Player sehingga konten yang mengandung file flash tidak dapat ditampilkan dalam browser.

HARDWARE
Prosesor 1GHz MTK MT6575M; GPU PowerVR SGX531; RAM 512MB; ROM 512MB; microSD hingga 32GB; Baterai Li-Ion 1300mAh
Liquid Z110 dibekali dengan prosesor dual core 1GHz sehingga mampu memberikan kinerja yang memadai untuk smartphone yang termasuk dalam kategori kelas bawah ini. Selain itu, Acer juga membekali perangkat ini dengan GPU PowerVR SGX 531 sebesar 512MB sehingga mampu menampilkan grafis yang lebih baik. Liquid Z110 juga dibekali memori RAM sebesar 512MB dan baterai dengan kapasitas 1300mAh.

KESIMPULAN
Harga: Rp. 1.099.000 (per Desember 2012)
Perangkat yang dibandrol dengan harga sejutaan ini cukup berani untuk bersaing dalam persaingan smartphone Android walaupun tidak dibekali fitur yang kurang bisa memikat konsumen. Liquid Z110 hanya dibekali fitur dual SIM dengan harga terjangkau yang banyak terdapat di produk-produk lokal yang bisa memberikan spesifikasi yang lebih tinggi.
Share ke temanmu : :

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung
Komentar yang berkualitas saya harapkan dari para pengunjung situs ini
(Karena banyaknya komentar yang masuk spam, sebaiknya gunakan nama untuk memberikan komentar)

 
Copyright © 2012. CingheDotCom - All Rights Reserved - About Me | Contact Us | Kebijakan Privasi