Terbaru »

[Review] Sony Xperia U - Untuk Kelas Ekonomis

Penulis : di 14:02


Sejak meninggalkan nama Ericsson, Sony telah memperkenalkan seri smartphone pertamanya yang disebut NXT Series. Pada Sony Xperia U memiliki jejumlah keistimewaan yang tidak dipunyai oleh smartphone milik Sony lainnya yang harganya lebih mahal seperti Xperia P dan Xperia S.

DESAIN
Pada smartphone series NXT milik sony memiliki ciri khas tersendiri yaitu kesemua desainnya berbentuk kotak dengan lengkungan disisi belakang dan memiliki sudut-sudut tegas. Perbedaan dari tipe lainnya Xperia U memiliki ukuran desain yang paling ringkas. Nah pada desain inilah salah satu keistimewaan dari Xperia U yang tidak dimiliki Xperia P dan Xperia S yaitu pada bagian transparant warisan Xperia pureness bisa mengeluarkan cahaya yang warnanya berubah mengikuti warna yang dominan pada layar, sedangkan pada bagian paling bawah setelah area transparant bisa dibuka dan diganti dengan warna lain.

DISPLAY DAN KAMERA
Smartphone ini memiliki tingkat kerapan piksel yang baik walaupun ditujukan pada pasar menengah. Dengan adanya teknologi Mobile Bravia Engine dapat menambah kualitas gambar yang lebih bagus saat ditampilkan ketika memuat foto dan video pada layarnya. Responsif layar sentuhnya juga terbilang cukup baik

Kamera yang ditawarkan pada Xperia U sebesar 5MP dengan resolusi maksimal 2592 x 1944 piksel. Walaupun kamera yang dibawakan merupakan kamera paling rendah diantara series NXT lainnya tetapi untuk kualitas gambar yang dihasilkan sudah cukup bagus untuk mengabadikan moment-moment penting. Untuk interface kamera juga unik, pada Xperia U terdapat 4 icon pengaturan pada sisi kanan dan bisa dikostumisasi dengan cara dikurangi atau diganti dengan pilihan lain sesuai kebutuhan. Selain itu juga terdapat fitur Sweep Multi Angle yang dapat mengambil gambar dengan tampilan 3D sweep panorama dengan hasil gambar yang lebih interaktif.

USER INTERFACE DAN OS
Tampilan pada Xperia U terlihat interaktif dengan adanya sejumlah widget khas dan Timescape UI yang tersedia secara defaul pada homescreennya. Yang menarik adalah tampilan overview yang bisa diakses dengan mencubit layar (pinch) saat berada di homescreen. Tidak seperti leapview pada HTC yang hanya menampilkan kotak-kotak pada panel homescreen, overview milik Sony ini menampilkan widget-widget pada homescreen dengan efek melayang. Hanya dengan menyentuh widget, pengguna akan menuju langsung panel widget yang dimaksud.

Sony masih membekalkan pengguna pada Xperia U dengan sistem operasi Android Gingerbread, tetapi pihak Sony berjanji akan memberikan update Ice Cream Sandwich untuk series NXT kedepannya.

HARDWARE
Xperia U sudah dibekali prossesor Dual-Core dengan tenaga sebesar 1GHz. Walaupun untuk smarphone sekelasnya masih menggunakan single prossesor, sayangnya pada Xperia U untuk ruang penyimpanan hanya tersedia 4GB saja dan tidak dibekali slot untuk menambahkan memori eksternal.

Sony Xperia U

SPESIFIKASI SONY XPERIA U
Fitur Keterangan
JaringanGSM 850/900/1800/1900MHz
HSDPA 850/900/1900/2100MHz
CPUprossesor Dual-Core 1GHz STE U8500 chipset, DB8500 GPU
MemoriRAM 512Mb, Internal Storage 4GB, eksternal: none
LayarLED Backligt Capasitive Touchscreen 16M warna, 480x854 piksel 3.5 inci
Sistem OperasiAndroid 2.3 Gingerbread
Kamera5MP (2592x1944 piksel), autofocus, geo-tagging, touch focus, face n smile detection, 3D sweep panorama, image stabilization, video 720p@30fps.
Secondary : VGA
KoneksiWifi 802.11 b/g/n, bluetooth v.2.1 with A2DP+EDR, microUSB 2.0, HSDPA 14.4Mbps, HSUPA 5.76Mbps
Fitur LainnyaSNS Integration, Active Noise cancelletion with dedicated mics, Organizer, Document viewer, google search, Youtube, Gmail, Calender, Google talk, Maps, Voice memo/dial/command, MP4/H.263/H.264/WMV/MP3/eAAC+/WMA/WAV, Push Email, IM, HTML 5, Adobe Flash, Sony Mobile Bravia Engine, Timescape UI
BateraiLi-ion 1320mAh
HargaRp. 2.749.000 (per juni 2012)

KESIMPULAN
Dibandingkan dengan Sony series NXT lainnya, Xperia U menang dalam interior diberbagai sektor baik ukuran layar, ruang penyimpanan, hingga pada spesifikasi hardwarenya. Sony memberikan kelebihan pada masing-masing produknya. Xperia U mempunyai harga murah dengan fitur yang tak kalah dengan yang high level dan bodi bagian bawah bisa diganti-ganti yang memberikan nilai lebih untuk smartphone ini.
Share ke temanmu : :

1 komentar:

Obat Kanker Serviks said...

Postingan yang Sangat bagus dan menarik untuk dibaca tentang review sony xperia u untuk kelas.... Saya suka mengunjungi blog ini.

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung
Komentar yang berkualitas saya harapkan dari para pengunjung situs ini
(Karena banyaknya komentar yang masuk spam, sebaiknya gunakan nama untuk memberikan komentar)

 
Copyright © 2012. CingheDotCom - All Rights Reserved - About Me | Contact Us | Kebijakan Privasi