Terbaru »

Membedah Nokia Lumia 610 - Hadir Dengan Fitur Segudang

Penulis : di 15:44


Akhirnya Nokia meluncurkan Nokia Lumia 610 dengan ditemani Lumia 900. Ponsel ini dibandrol dengan harga hanya 189 Euro kalu dirupiahkan sekitar Rp. 2.3 jutaan yang menjadikan ponsel ini merupakan ponsel termurah dikalangan Ponsel berOS WindowsPhone. Untuk masyarakat Indonesia ponsel ini baru dipasarkan sekitar bulan Juni mendatang.

DESAIN
Nokia Lumia 610 hadir dengan 4 warna yang membalutnya seperti Hitam, Magenta, Cyan dan Putih. Dengan tampilan gaya desain yang cantik ponsel ini memang diharapkan bisa menyerbu pengguna kalangan muda dan pelajar. Cassing dari Nokia Lumia 610 terbuat dari bahan plasti dan diberikan sentuhan stainless steel supaya terlihat kokoh. Bagian depan didominasi dengan layar 3.7 inci dan bagian bawah layar ada tombol back, home dan menu. Bagian belakang bodynya terdapat lensa kamera, lampu kilat dan speaker sedangkan sisi atas ada jack audio dan charger dan sisi samping ada tombol volume, power/lock dan shuter.

LAYAR
Nokia Lumia 610 memiliki layar TFT kapasitif ukuran 3.7 inci dengan resolusi 800x480 piksel tetapi sayangnya layar yang ada di ponsel ini tidak disertai dengan anti gores (sekarang sudah pakai gorilla glass) dan dukungan Nokia ClearBlack display. Walaupun begitu layar yang dikemas dalam Nokia Lumia 610 tetap terlihat cerah dan jernih dibawah sinar matahari langsung.

ANTARMUKA
Bagi pengguna ponsel OS WindowsPhone pastinya sudah mengetahui ciri khas dari tampilan antarmukanya.  Nokia Lumia 610 dibekali dengan WindowsPhone 7.5 Mango dengan konsep Grid 2x4 yang biasa disebut live tile. Kinerja ponsel ini sama persis seperti pada seri Lumia 800 dan 710, semua informasi ada pada satu layar utama.

APLIKASI
Dibagian ini saya temukan letak perbedaan yang mencolok antara Lumia 800 serta 710. Di Nokia Lumia 610 terdapat aplikasi Nokia HightLight yang pertama kali disematkan di series Lumia. Di Nokia Lumia 610 terdapat dua aplikasi yang sudah pre-loaded yaitu Movreak dan MindTalk. Aplikasi ini berisi informasi tentang info film dan jejaring sosial. Untuk hiburan dan informasi terdapat Tune in radio dan saluran ESPN serta juga terdapat Nokia Drive.

KAMERA
Nokia Lumia 610 memiliki kamera 5MP dengan lensa auto fokus dan lampu kilat. Hasil bidikan dari kamera Nokia Lumia 610 untuk didalam ruangan kurang begitu bagus bahkan warna yang dihasilkan kurang natural dan terlihat pucat. Untuk kualitas diluar ruangan kamera ini menghasilkan kualitas gambar yang bagus dengan bantuan pencahayaan yang banyak.

KINERJA
Nokia Lumia 610 merupakan ponsel Lumia pertama yang menggunakan WindowsPhone 7.5 Mango. Dalam seri Mango sudah mensupport bahasa indonesia dan internet tethering. Dari dua kelebihan inilah yang merupakan pembeda dari seri Lumia sebelumnya. Dengan harga yang lebih murah dari pendahulunya berpengaruh pada prossesor yang disematkan juga, Nokia Lumia 610 menggunakan prossesor 800MHz yang jauh berbeda dari pendahulunya yang menggunakan prossesor 1,4GHz. Walaupun begitu kinerja dari ponsel ini sudah cukup baik.

KONEKTIVITAS
Kita tidak bisa mengirim data dari ponsel ini menggunakan bluetooth walaupun sudah dibekali bluetooth.  Anda bisa menggunakan Wi-Fi untuk internet dari hotspot dan kabel data untuk bertukar file ke komputer. Untuk mengirim foto dari ponsel ini anda bisa menggunakan email langsung dari ponsel ini yang disebut Zune.

SPESIFIKASI NOKIA LUMIA 610
Fitur Keterangan
JaringanWCDMA 850/900/1900/2100, GSM/EDGE 850/900/1800/1900
CPU800MHz single core/Qualcomm Snapdragon S1, 256Mb RAM
MemoriInternal : 8GB
Eksternal : tidak ada
Layar3.7" WVGA TFT capasitive touch LCD Display with pinch zoom, resolusi 800x480 piksel
Sistem OperasiWindows Phone 7.5 Mango
Kamera5MP auto fokus, LED flash, Video capturing VGA @30fps
KoneksiMicro USB conector and charging, Bluetooth v2.1, Wifi 802 b/g/n
Fitur LainnyaMP3/MP4/WAV/H.263/H.624/WMV/eAAC+/WMA, Radio FM, Email, Chat via Facebook, SNS Integration, video/photo editor, Document Viewer, Lumia Hightlight, Nokia Music, Tune in radio, MovReak, Mindtalk, ESPN, Internet Tethering
BateraiBP-3L 1300mAh talk time : 9.5 jam, standby : 720 jam
ReleasePerkiraan Juni 2012
HargaLihat disini
Share ke temanmu : :

4 komentar:

@martinorendy said...

Tolong di reviev ulang kalo membuat spec soal HP apalagi di sebuah blog ... bahaya kalo salah bisa dituntut , layar lumia 610 sudah dengan anti gores corning gorilla glass ... + windows 7.5 versi phone codenamenya bukan Tango tapi Mango ... kalo tango mungkin dansa yaa hahahah ,,, coba di koreksi banyak salah soal Hpnya ... baru 1 yang saya lihat gak tau deh kalo yang lain ,, disatu review aja banyak salah ,, coba dibenahi blognya

Unknown said...

makasih komentarnya sob, mau jelasin dikit. waktu saya review bulan mei kemarin masih belum pakai anti gores sob..kan belum launcing di indonesia masih rumor. sekarang sudah dilengkapi sama anti gores gorila glass versi 1 dan untuk Tango nya sudah saya ganti. trimakasih sudah memberikan masukan buat saya. semoga kedepannya lebih baik lagi

Unknown said...

ane bisa kok pake bluetooth gan ,
caranya download Bluetooth Share dgn vendor Nokia Corporation di marketplace ,

kurir perempuan said...

normal yea blutooth nya kalo ah pakai blurtooth share

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung
Komentar yang berkualitas saya harapkan dari para pengunjung situs ini
(Karena banyaknya komentar yang masuk spam, sebaiknya gunakan nama untuk memberikan komentar)

 
Copyright © 2012. CingheDotCom - All Rights Reserved - About Me | Contact Us | Kebijakan Privasi