Terbaru »

[Review] Cross A7# - Prosesor Dual Core Harga Sejutaan

Penulis : di 21:37


Salah satu vendor lokal besar Indonesia, Cross, kembali menghadirkan smartphone android barunya dengan harga yang terjangkau. Cross A7# dibekali dengan dapur pacu prosesor dual-core dan Android ICS sebagai sistem operasinya. Harga yang dibandrol untuk Cross A7 juga cukup terjangkau yaitu dikisaran satu jutaan, lantas apalagi yang istimewa dari smartphone ini. Berikut review dari kami:



DESAIN

Untuk desain yang diusung oleh Cross A7# sepintas terlihat seperti seri Nokia Lumia dengan permukaan belakang yang melengkung. Pada bagian depan akan dihiasi dengan layar lapang berukuran 4.3 inci, dibawah layar terdapat tombol sentuh navigasi dengan pilihan Menu keys, Home, Back dan Search. Tombol navigasi tidak dibekali dengan lampu sehingga saat digunakan pada malam hari akan terasa membingungkan apabila anda belum hapal letak-letak tombol tersebut.



Pada bagian sisi atas hanya terdapat lubang jack audio 3.5mm sedangkan pada sisi kiri tidak terdapat tombol apapun. Untuk sisi kanan terdapat tombol pengatur volume dan ditemani dengan tombol power yang sekaligus berfungsi sebagai pengunci layar. Untuk bagian sisi bawah terdapat lubang untuk charger baterai yang sekaligus digunakan sebagai kabel data.



Untuk bagian belakang, anda akan menemukan kamera dengan kekuatan 8MP yang disertai flash pada atas kiri sedangkan lubang speaker terdapat pada sisi bawah kanan yang disandingkan dengan logo Cross.



LAYAR dan INTERFACE

Layar yang digunakan pada Cross A7# berjenis IPS dengan resolusi 800 x 480 piksel. Gambar yang disuguhkan oleh layar ini cukup terang dan jernih sehingga nyaman saat digunakan memainkan video. Layar juga sudah didukung dengan teknologi multi touch hingga 5 point sehingga terasa lebih nyaman saat digunakan browsing atau bermain game-game tertentu.



Untuk antarmuka yang dusuguhkan oleh Cross A7# merupakan tampilan default dari OS Android 4.0.4 ICS yang menjalankannya. Pada halaman utama terdapat 5 buah slide yang bisa dikostumisasi dengan aneka widget atau pintasan.



Pada bagian notifikasi status bar juga cukup lengkap, tersedia pilihan koneksi seperti bluetooth, wifi, sambungan data, mode pesawat, pilihan profile telepon dan beberapa pengaturan lain untuk layar dan tanggal.



KONEKTIVITAS

Untuk konektivitas yang ada pada Cross A7# cukup lengkap untuk ukuran standart smartphone. Ponsel ini didukung dengan kemampuan dual-SIM dengan SIM 1 mendukung koneksi HSDPA. Cross A7# juga bisa melakukan panggilan video melalui SIM 1 dengan menggunakan kamera depan. Sedangkan untuk SIM 2 masih sebatas Edge.



Koneksi lain yang ada pada Cross A7# yaitu melalui sambungan Wi-Fi di area hotspot. Fitur Wi-Fi juga sudah mendukung Wi-Fi Tethering sehingga dapat digunakan sebagai pemancar hotspot. Selain itu ada juga koneksi melalui Bluetooth dan GPS dengan dukungan A-GPS.



Untuk menjelajah internet disediakan browser bawaan android dengan fitur-fitur yang sudah cukup mengesankan. Jika anda ingin menggunakan alternatif lain, anda bisa mendownloadnya melalui Google Play yang sudah disediakan di perangkat.



KAMERA dan VIDEO

Walaupun datang dengan harga sejutaan, Cross A7# tetap dibekali dengan hardware yang cukup mumpuni salah satunya yaitu kamera. Pada bagian belakang terdapat kamera dengan kekuatan 8MP yang disertai flash light. Saat digunakan mengambil objek diluar ruangan cukup bagus dengan hasil yang tajam, sedangkan untuk didalam ruangan masih terlihat bintik-bintik meskipun  sudah dibantu dengan pencahayaan dari lampu flash, begitu juga saat digunakan pada malam hari. Sedangkan untuk kamera depan berkekuatan 1.3MP.



Untuk pengaturan yang ada pada kamera cukup lengkap mulai dari Scane Mode, Color Effect, Self timer, picture size, Zoom, White Balance, Panorama dan masih banyak lainnya. Sedangkan untuk merekam video menghasilkan kualitas yang biasa. Untuk pengambilannya sendiri hanya disediakan melalui tombol sentuh sehingga layar tidak secara maksimal menampilkan objek yang ingin kita ambil.



MULTIMEDIA

Untuk hiburan tersedia pemutar musik dengan menggolongkan musik berdasarkan Artis, Album, Lagu dan Playlist. Suara yang dihasilkan dari speaker yang ada di belakang bodinya cukup nyaring dengan merdu. Ada juga pengaturan equalizer dengan beragam pilihan atau juga bisa anda sesuaikan sesuai keinginan.



Jika anda bosan dengan musik playernya, ada juga Radio FM yang dapat anda gunakan, namun sebelumnya anda harus menancapkan earphone terlebih dahulu untuk bisa menggunakannya. Radio FM juga dilengkapi dengan perekam dan terdapat 8 channel list untuk menyimpan channel favorit anda.



HARDWARE

Meskipun dibandrol dengan harga terjangkau, Cross A7# dibekali dengan prosesor dual-core 1GHz. Selain itu juga dibekali memori internal 4GB dan RAM sebesar 512MB. Jika dirasa kurang juga disediakan slot memori eksternal dengan kapasitas maksimal 32GB. Untuk grafisnya sendiri menggunakan Open GL ES 2.0 (PowerVR SGX531). Sedangkan untuk kapasitas daya baterainya yaitu sebesar 1450mAh.



KESIMPULAN

Secara keseluruhan kinerja dari Cross A7# bisa dikatakan stabil saat digunakan untuk membuka berbagai aplikasi ataupun game walaupun sedikit terjadi lag namun tidak begitu mengganggu. Dengan harga Rp. 1.100.000 smartphone android buatan Cross ini patut untuk dipertimbangkan bagi anda yang mencari perangkat android harga murah tetapi tidak murahan.



Kelebihan:

+ Kinerja stabil

+ Prosesor dual-core

+ Layar 4.3" IPS

+ Kamera 8MP

+ Dual SIM (HSDPA SIM1)

+ Mendukung video call

+ Harga terjangkau



Kekurangan:

- Baterai boros

- Tidak ada tombol fisik kamera

- Tidak mendukung Hotswap



Alternatif smartphone lainnya:

New Smartfren Andromax-i

- Prosesor dual-core 1.2GHz

- Dual SIM CDMA - GSM

- Kamera 5MP (belakang), 1.3MP (depan)

- Memori ROM 4GB, RAM 512MB

- Layar IPS 4"

- GPU Adreno 203

- Android 4.1 Jelly Bean

- Harga Rp. 1.300.000 (Juli 2013)



MITO A800

- Prosesor dual-core 1GHz

- Dual On GSM

- Video call

- Kamera 5MP (belakang), 0,3MP (depan)

- Memori ROM 4GB, RAM 512MB

- Layar WVGA 4.6"

- Android 4.1 Jelly Bean

- Harga Rp. 1.150.000 (Juli 2013)



SPESIFIKASI CROSS A7#

Spesifikasi
Jaringan Dual-SIM GSM (SIM 1 - HSDPA, SIM 2 - 2G)
Dimensi -
Berat -
Display IPS LCD 4.3", multi touch 5 point, resolusi 800x480 piksel, 240ppi
Kamera Utama 8MP autofocus, LED Flash
Kamera Sekunder 1.3MP, video call
Konektivitas HSDPA, Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Tethering, Wi-Fi hotspot, Bluetooth, GPS with A-GPS
Chipset -
Prosesor ARMv7 dual-core 1GHz
GPU Open GL 2.0 (PowerVR SGX 531)
OS Android 4.0.4 Ice Cream Sandwich
RAM 512MB
Memori Internal 4GB
Memori Eksternal microSD up to 32GB
Sensor Proximity, Accelerometer, Magnetic Field, Light Sensor
Baterai 1450mAh
GPS ada, A-GPS
Radio ada
Browser ada, HTML
Audio Player ada
Video Player ada
Warna pilihan Hitam, Putih
Harga Rp. 1.100.000 (per Juli 2013)
Share ke temanmu : :

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung
Komentar yang berkualitas saya harapkan dari para pengunjung situs ini
(Karena banyaknya komentar yang masuk spam, sebaiknya gunakan nama untuk memberikan komentar)

 
Copyright © 2012. CingheDotCom - All Rights Reserved - About Me | Contact Us | Kebijakan Privasi