Terbaru »

Tips Memilih Sebuah Smartphone Untuk Pemula

Penulis : di 13:50


Sengitnya persaingan para vendor pembuat telepon genggam dalam menarik para konsumen dengan beragam pilihan justru membingungkan bagi pengguna baru. Banyaknya pilihan fitur yang beragam mulai dari sisi layar, user interface, kapasitas memori internal, dukungan jaringan, prossesor, operasi sistem (Android, iOS, BlackBerry, WindowsPhone), kapasitas baterai dan desain membuat para konsumen pemula kebingungan dalam memilih mana yang terbaik dan cocok untuk mereka. Buat anda yang ingin membeli sebuah smartphone tetapi masih bingung dalam menentukan apa yang cocok untuk anda, saya punya beberapa tips yang bisa membantu anda dalam memilih sebuah smartphone.

DESAIN

Buat anda yang memiliki aktifitas di luar ruangan dan lebih banyak menghabiskan waktu dengan pekerjaan yang berat lebih baik mencari sebuah smartphone dengan bahan material yang kuat dan tentunya layar yang sudah bisa menahan goresan. Beberapa smartphone sudah menggunakan teknologi yang mampu meminimalkan goresan pada layar seperti Gorilla Glass. Untuk masalah bentuk desain dari sebuah smartphone setiap konsumen memiliki pandangan sendiri, anda bisa menentukan desain tetapi bahan yang digunakan tetap yang kuat dan sesuai dengan aktifitas yang anda kerjakan.

HARDWARE

Prossesor
Menggunakan prossesor dengan jumlah core yang lebih banyak memang akan meningkatkan kinerja sebuah smartphone namun belum tentu menjadikan kinerjanya dua kali lipat. Penggunakan prossesor yang multicore juga belum menjamin bisa menjalankan sebuah aplikasi dengan baik karena banyak faktor yang mempengaruhi, seperti dukungan dari software agar mampu membagi tugas dari masing-masing core tersebut dan masih banyak lainnya.

RAM (Random Access Memory)
Kinerja sebuah smartphone juga dipengaruhi oleh besar memori RAM yang ada pada smartphone tersebut. Semakin besar kapasitas RAM akan membuat kinerja dari smartphone lebih bagus.

GPU (Graphics Processing Unit)
Penggunakan GPU dengan spesifikasi yang tinggi akan memudahkan sebuah smartphone untuk menampilkan grafik dan gambar dengan kualitas yang bagus. Beberapa smartphone untuk kalangan low-end biasanya menggunakan Adreno 200 dan untuk high-end Adreno 205. Beberapa merek lain ada PowerVR dan NVIDIA.

Baterai
Penggunakan daya tahan baterai yang awet dalam sebuah smartphone juga penting. Apakah anda sering beraktifitas diluar ruangan atau didalam ruangan. Memilih smartphone dengan daya tahan baterai yang lebih lama tentu sangat cocok untuk anda yang sangat sering beraktifitas diluar ruangan. Seimbangkan dengan kecepatan prossesor dan hardware lain yang ada dengan kapasitas baterai pada smartphone untuk hasil yang lebih baik.

Operasi Sistem (OS)

Setelah anda sudah memilih desain dan hardware, sekarang menentukan OS apa yang cocok untuk bisa anda pertimbangkan. Berikut beberapa hal yang bisa anda jadikan dalam memilih OS yang cocok:
- Dukungan aplikasi yang ada pada OS tersebut
- Antarmuka yang bisa anda gunakan lebih mudah
- Tingkat keamanan yang tinggi
- Penggunakan hardware yang sesuai dengan kinerja sistem operasi

DUKUNGAN GARANSI

Untuk membeli sebuah smartphone anda harus mempertimbangkan keberadan service center dari vendor pembuat smartphone tersebut. Hal ini untuk mengantisipasi apabila ada kerusakan dari smartphone tersebut. Dengan adanya service center anda akan lebih mudah dalam mengatasi permasalahan yang terkait dengan smartphone anda.

KESIMPULAN

 Dalam memilih sebuah smartphone anda bisa melihat dari segi desain, hardware dan OS yang digunakan dan yang paling penting sesuaikan dengan aktifitas anda, misalnya apakah anda membutuhkan prossesor yang multicore atau anda masih cukup dengan single core saja. Pertimbangkan juga dari segi harga, smartphone dengan prossesor multicore jauh lebih mahal dan bila anda tidak bisa menggunakan secara maksimal tentu akan membuang fitur yang ada pada smartphone tersebut.
Share ke temanmu : :

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung
Komentar yang berkualitas saya harapkan dari para pengunjung situs ini
(Karena banyaknya komentar yang masuk spam, sebaiknya gunakan nama untuk memberikan komentar)

 
Copyright © 2012. CingheDotCom - All Rights Reserved - About Me | Contact Us | Kebijakan Privasi