Terbaru »

Benarkah Kamera Megapiksel Memiliki Kualitas Lebih Baik?

Penulis : di 10:10


Sebuah ponsel dengan kamera 5MPx apakah akan menghasilkan gambar yang lebih baik daripada ponsel berkamera 2MPx? Selama ini banyak orang berpendapat bahwa kualitas foto akan semakin bagus apabila semakin besar megapiksel yang dimiliki oleh kamera tersebut. Pendapat ini tidak semuanya salah, banyak faktor yang mempengaruhi hasil foto dari sebuah kamera. Selain keadaan ruangan dan pencahayaan, terdapat 2 faktor lain yang juga penting dalam menghasilkan sebuah foto dengan kualitas yang lebih baik.

Seperti yang di beritakan oleh Cnet, faktor yang mempengaruhi sebuah kamera untuk hasil yang lebih baik diantaranya:
1. Sensor
Sensor memiliki peranan penting dalam penangkapan cahaya dalam sebuah kamera. Sensor menangkap cahaya yang masuk melalui lensa kamera dan menerjemahkannya menjadi sinyal elektronik. Setelah itu akan dihasilkan sebuah gambar dan perbaikan noise yang ada pada gambar tersebut oleh prossesor imaji. Semakin besar sensor yang ada pada kamera tersebut semakin besar pula piksel dan semakin banyak cahaya yang akan dikumpulkan maka hasil gambar yang akan didapatkan juga semakin lebih bagus.

2. Prossesor Imaji
Pada smartphone terdapat sebuah prossesor imaji yang me-render gambar lebih cepat tanpa harus membebani kinerja prossesor aplikasi. Prossesor Imaji juga berperan untuk memperoleh zero shutter lag saat pengambilan gambar.

Selain penggunakan perangkat keras juga terdapat perangkat lunak yang berfungsi memberikan kontribusi dalam sebuah kamera. Hasil final yang akan dilihat oleh pengguna merupakan kerjasama antara hardware yang memberikan suplai dan software yang memberi jalan untuk hasil final yang bisa terlihat oleh anda.
Share ke temanmu : :

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung
Komentar yang berkualitas saya harapkan dari para pengunjung situs ini
(Karena banyaknya komentar yang masuk spam, sebaiknya gunakan nama untuk memberikan komentar)

 
Copyright © 2012. CingheDotCom - All Rights Reserved - About Me | Contact Us | Kebijakan Privasi