Terbaru »

Membuat File Presentasi Dengan Flash - Membuat Tombol Interaktif [Bagian 2]

Penulis : di 13:51


Setelah sebelumnya saya membahas Mengenal Bagian dari Flash pada tutorial kali ini akan membahas cara membuat Tombol yang interaktif menggunakan Flash. Dalam sebuah presentasi kita akan sangat terbantu dengan adanya menu yang digunakan untuk menuju materi yang lainnya dalam file presentasi kita. Penggunaan tombol menu sangat membantu agar kita mudah dalam menyajikan materi yang akan kita presentasikan. Berikut cara untuk membuat tombol menu :Pertama kita membuka dokeman flash baru caranya:
Selanjutnya tambah layer baru dan rename dengan nama Tombol dan ulangi proses itu sampai berapa tombol menu yang anda inginkan.


Selanjutnya pilih di setiap layer Tombol kemudian gunakan Rectangle Tool (R) dan buat kotak menu seperti dibawah ini (saya membuat 2 menu):

Pilih Convert ke Symbol setiap Tombol yang anda buat dan pilih Botton (pastikan semua yang ada dilayer tombol tersebut ditandai)


Setelah di convert ke symbol setiap gambar dilayer akan menjadi satu dan agar lebih menarik kita akan mengedit tombol tersebut, caranya klik kanan pada tombol yang akan kita edit:
Disini anda akan bisa mengedit sesuai dengan selera anda bagaimana tombol yang anda gunakan

UP adalah dimana keadaan saat mouse berada diluar area tombol. untuk menambahkan anda bisa dengan mengklik kanan frame over => pilih insert keyframe atau bisa dengan menambahkan layer baru jika ingin lebih berbeda lagi seperti gambar disamping.
Over adalah ketika mouse berada pada tombol, anda bisa merubah warna text atau tetap membiarkan seperti pada posisi UP
Down adalah dilakukan disaat anda mengklik tombol tersebut



Berikut contoh yang sudah jadi tombol 1 saya beri efek diatas dan tombol 2 tanpa efek sama sekali.


Share ke temanmu : :

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung
Komentar yang berkualitas saya harapkan dari para pengunjung situs ini
(Karena banyaknya komentar yang masuk spam, sebaiknya gunakan nama untuk memberikan komentar)

 
Copyright © 2012. CingheDotCom - All Rights Reserved - About Me | Contact Us | Kebijakan Privasi