Terbaru »

[Review] NS Icon Neo 5S - Jelly Bean Dual SIM Harga Sejutaan

Penulis : di 08:04



Padatnya persaingan pasar smartphone ditanah air membuat NS Mobile berusaha untuk memikat konsumen dengan ponsel Android murah namun tetap memiliki kinerja yang bisa diandalkan. Salah satu perangkat yang diluncurkan oleh vendor tersebut yaitu Icon Neo 5S dengan membawa sistem operasi Android Jelly Bean dan prosesor dual core. Selain sudah menggunakan Android versi paling baru dan prosesor kencang perangkat ini juga dilepas dengan harga yang enteng untuk kantong orang indonesia. Lantas apa saja yang dimiliki oleh Icon Neo 5S, berikut review dari kami.
DESAIN
Dimensi: 136 x 70 x 12mm; Berat: 250gram; Material: Plastik Glossy; Konsep: Candybar; Full touchscreen;
Sekilas bodi yang digunakan oleh Icon Neo 5S mirip dengan bodi ponsel Android Samsung yang masuk dalam Galaxy Series. Pada bagian depan nampak dihiasi oleh sebagian besar layar sentuh dengan earpiece dan kamera sekunder dibagian atas layar dan pada bagian bawah layar terdapat satu tombol fisik yang diapit dengan dua tombol kapasitif. Tombol fisik memiliki fungsi untuk menuju Home sedangkan kedua tombol kapasitif berfungsi menuju back dan setting wizard.

Tekstur material pada bodi belakang terbuat dari plastik dengan lapisan glossy yang solid, walaupun terlihat licin, namun jika dalam genggaman akan terasa menempel kesat. Bagian atas dari bodi belakangnya terdapat kamera yang dilengkapi dengan LED Flash, sedangkan lubang speaker anda bisa jumpai dibagian bawah dari bodi belakangnya.

Tidak banyak tombol yang bisa kita jumpai di bagian sisi perangkat ini, hanya terdapat tombol volume di sisi kiri dengan didampingi tombol power diatasnya. Sedangkan pada bagian sisi kiri terlihat polos tanpa ada tombol apapun. Yang menarik dari perangkat ini yaitu adanya list aluminium yang mengelilingi seluruh sisi bodinya sehingga membuatnya terlihat mewah dan elegan.

LAYAR, INTERFACE dan OS
Layar: 5 inchi WVGA HD kapasitif touchscreen; Resolusi: 480x854 piksel; Multitouch; OS Android 4.1.1 Jelly Bean
Icon Neo 5S mengusung layar yang lapang dan memuaskan selebar 5 inchi dengan resolusi 480x845 piksel. Layar yang ada dalam smartphone ini juga mampu memutar video berkualitas HD tanpa ada gangguan sedikitpun. Apalagi dengan adanya teknologi 5 point multitouch dan auto rotate memberikan kita kenyamanan saat digunakan browsing, ngegame atau membuka menu lainnya.

Tak tanggung-tanggung sistem operasi yang menjalankan Icon Neo 5S sudah menggunakan versi Android Jelly Bean. Untuk antarmuka yang disuguhkan oleh Icon Neo 5S tidak jauh berbeda dengan ponsel Android lain pada umumnya. Untuk Homescreen terdapat 4 buah slide sheet yang bisa anda kostum dengan beragam widget, pintasan dan aplikasi sesuai kebutuhan anda. Pada bagian navigasi bawah, terdapat 5 buah shortcut untuk menuju call, kontak, pesan, browser dan apps. Sedangkan untuk mode lockscreen anda bisa menggeser gembok untuk mengakses kamera, google access dan unlock.

KAMERA dan AUDIO
Kamera Utama: 8MP (3264x2448 piksel), autofocus, LED flash, Video: Full HD @10fps; Kamera Sekunder: VGA; Pemutar MP3, FM Radio with RDS, FM Recorder; Sound effect: Equalizer, Bass booster, 3D effect, Preset Revert
Untuk mengabadikan momen-momen berharga anda, Icon Neo 5S sudah dibekali dengan dua buah kamera dengan kamera utama sebesar 8MP dan kamera sekunder berkualitas VGA. Kamera yang ada pada smartphone ini juga sudah memiliki fitur autofocus serta dibekali LED Flash untuk memenuhi kebutuhan menyuplai cahaya jika di kondisi minim cahaya. Namun sayangnya hasil foto masih terlihat memerah untuk pengambilan diluar ruangan, sedangkan untuk didalam ruangan sudah cukup memuaskan.

Sekarang untuk sektor hiburan yang ada pada Icon Neo 5S sudah dibekali dengan pemutar audio yang mampu memutar file MP3 dengan ditambah adanya pengaturan equalizer. Untuk memaksimalkan output suara yang keluar dari lubang speakernya, tersedia fitur 3D effect dan bass bost. Selain pemutar MP3, dalam smartphone ini juga dibekali adanya FM Radio yang mampu merekam acara dari stasiun favorit anda dengan output file amr.

FITUR DUAL SIM
Dual On: SIM 1 WCDMA; SIM 2 GSM
Icon Neo 5S dibekali dengan dukungan membaca dua kartu SIM secara bersamaan sehingga anda bisa menggunakan dua layanan operator yang berbeda. Dari kedua SIM tersebut hanya pada slot SIM 1 yang sudah mendukung dengan jaringan 3G sehingga memberikan transfer data yang lebih cepat. Sayangnya fitur dual SIM yang ada pada ponsel ini tidak dual standby.

KONEKTIVITAS
Browser: HTML; Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Tethering; Bluetooth v2.1 with EDR; MicroUSB
Dalam Icon Neo 5S memiliki beragam koneksi yang bisa digunakan untuk mengakses internet selain dengan jaringan operator yaitu melalui Wi-Fi dual band. Browser yang ada dalam ponsel ini juga mampu untuk membuka hingga 16 tab sekaligus sehingga memberikan anda kenyamanan saat menjelajah dunia maya atau mengakses social media. Sedangkan untuk transfer data antar perangkat, anda bisa menggunakan koneksi melalui Bluetooth dan kabel data.

HARDWARE
CPU: Prosesor dual core ARMv7 1GHz MT6577; GPU: PowerVR SGX531 version OpenGL ES 2.0; RAM: 512MB; Internal: 500MB; Eksternal: MicroSD hingga 32GB
Icon Neo 5S memiliki jeroan yang cukup bisa diandalkan dengan dibekali prosesor dual core ARMv7 1GHz dan GPU PowerVR SGX531. Selain itu juga disediakan memori RAM sebesar 512MB untuk menunjangnya dan memori internal 500MB. Jika anda merasa kurang dengan memori penyimpanan yang ada dalam perangkat ini, anda bisa menambahkan kartu microSD eksternal dengan kapasitas maksimal 32GB. Dari spesifikasi tersebut mampu memberikan kinerja yang cukup memuaskan untuk membuka beragam aplikasi secara multitasking atau berpindah antar menu.

KESIMPULAN
Harga: Rp. 1.699.000 (per Maret 2013)
Icon Neo 5S cocok buat anda yang menginginkan sebuah smartphone lokal yang sudah menjalankan Android Jelly Bean dengan kinerja yang mumpuni. Berbekal prosesor dual core dan dual SIM merupakan kelebihan yang ada dalam Icon Neo 5S, apalagi desain bodi yang mirip dengan ponsel brand dunia memberikan nilai plus tersendiri saat dalam genggaman. Sayangnya hasil kamera dari Icon Neo 5S kurang begitu memuaskan.
Share ke temanmu : :

1 komentar:

Anonymous said...

lebih baik smartfren andromax u

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung
Komentar yang berkualitas saya harapkan dari para pengunjung situs ini
(Karena banyaknya komentar yang masuk spam, sebaiknya gunakan nama untuk memberikan komentar)

 
Copyright © 2012. CingheDotCom - All Rights Reserved - About Me | Contact Us | Kebijakan Privasi