Terbaru »

[Review] Sony Xperia Tipo Dual - Menggoda Dengan Android Berfitur Dual SIM

Penulis : di 18:45


DESAIN
Dimensi: 103 x 57 x 13 mm; Berat: 99,4 gram
Xperia Tipo Dual hadir dengan bodi yang mungil dan terbuat dari material plastik yang mengusung konsep desain yang sama persis dengan Xperia Tipo. Untuk bagian belakang ponsel ini menggunakan material plastik berlapis doff yang membuatnya kesat dan tidak licin saat digenggam.

Dilihat dari depan, pada bagian atas layarnya terdapat sebuah logo SONY yang tercetak sangat jelas demikian juga pada bagian bawah layarnya terlihat nama XPERIA yang menjadikannya sebagai simbol bahwa smartphone ini termasuk dalam keluarga besar seri Xperia.

Pada bagian atas ponsel ini terdapat tombol power untuk menghidupkan atau mematikan ponsel ini yang ditemani oleh lubang jack audio 3.5mm. Untuk bagian sisi kiri, terdapat tombol pengatur volume dan switch kartu SIM sedangkan sisi sebaliknya terdapat port microUSB yang juga bisa digunakan untuk mengisi daya baterai. Pada bagian depan, tampilan Xperia Tipo Dual terlihat seperti ponsel Sony pada umumnya dengan tiga buah tombol sentuh yang terdiri dari back, home dan menu.

ANTARMUKA dan OS
Android 4.0.4 ICS; layar: 3.2" 320 x 480 piksel, capacitive tauchscreen 256 ribu warna, Scratch Resistant Mineral Glass
Xperia Tipo Dual menggunakan layar berdiagonal 3.2 inci dengan resolusi 320 x 480 piksel dan berjenis layar sentuh kapasitif yang membuatnya semakin terlihat mungil.Layar pada ponsel ini juga sudah dilindungi oleh lapisan mineral anti gores sehingga lebih aman saat jari jemari anda beraktifitas diatas layarnya. Smartphone ini dijalankan oleh sistem operasi Android Ice Cream Sandwich dengan antarmuka Timescape. Layar depannya terdiri dari 5 sheet yang masing-masing dapat diisi dengan beragam widget. Ketika masuk kedalam menu, anda akan disuguhi oleh beragam ikon berformat grid horisontal yang secara defaul terdiri dari 3 halaman yang dapat diatur berdasarkan alfabet, recently installed, most used atau own order.  

FITUR ANDALAN
Dual SIM ON; GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 - HSDPA 900 / 2100 (SIM 1 dan SIM 2)
Xperia Tipo Dual mengusung kemampuan dual SIM yang dapat menampung dua SIM GSM. Dalam fitur dual SIMnya berbeda dengan ponsel dual SIM lain, ponsel ini menggunakan tombol Switch fisik untuk menentukan kartu SIM mana yang akan digunakan untuk melakukan panggilan dan pengiriman pesan. Sehingga pengguna dari Tipo Dual akan menggunakan kartu SIM pertama jika tombol switch yang ditekan pada posisi default SIM 1.

KONEKTIVITAS
Wi-Fi 802.11 b/g/n, Hotspot; Bluetooth v2.1 A2DP; micro USB; HSDPA 7,2Mbps /  5,76Mbps
Untuk melakukan koneksi internet, pengguna ponsel ini dapat menggunakan Wi-Fi dan jaringan operator yang sudah support layanan HSDPA di kedua SIM nya. Kecepatan download yang bisa anda dapatkan hingga mencapai kecepatan 7.2Mbps untuk download dan 5.76Mbps untuk upload. Selain itu juga terdapat pengalihan otomatis dari SIM 1 ke SIM 2 ketika koneksi data SIM 1 tidak tersedia.

KAMERA dan VIDEO
Kamera: 3.15MP (2048 x 1536), Geo-tagging; Video: VGA
Xperia Tipo Dual mengusung kamera berkekuatan 3 mega piksel yang ada pada bagian belakang, sedangkan untuk bagian depan tidak dibekali kamera sehingga anda tidak dapat melakukan panggilan video. Kamera pada ponsel ini juga tidak dilengkapi flashlight, beberapa fitur yang ada diantaranya Geo-tagging, white balance, scane, resolution, Self timer, Exposure white dan metering. Dengan kamera yang ada pada Xperia Tipo Dual hanya mampu menghasilkan kualitas gambar yang standar, sedangkan untuk di dalam ruangan kualitas yang dihasilkan terlihat berwarna kehijauan. Jika digunakan untuk pengambilan video hanya mampu menghasilkan kualitas maksimal VGA dan terlihat gelap.  

MULTIMEDIA
Audio player: AAC, FLAC, M4A, OGG, WAV, WMA; Video player: 3GPP, M4v, MP4; FM Radio; Audio Recorder
Untuk sektor hiburan, Xperia Tipo Dual menggunakan pemutar musik yang mampu mengelompokkan lagu berdasarkan artist, album, tracks dan playlist. Suara yang dihasilkan oleh ponsel ini terdengar nyaring berkat adanya xLoud Engine. Selain itu juga terdapat pengaturan equalizer yang bisa anda sesuaikan sesuai selera. Bila anda bosan dengan pemutar musik, anda bisa mendengarkan siaran radio FM kesayangan anda melalui ponsel ini. Sedangkan untuk hiburan lain terdapat pemutar video yang mampu memainkan file berformat 3GPP dan MP4.  

HARDWARE
CPU: Qualcomm MSM7225AA 800MHz; GPU: Adreno 200; RAM: 512MB; Storage: internal 2,9GB (2,15GB available), slot kartu memori up to 32GB microSD
Xperia Tipo Dual dibekali dengan dapur pacu prosesor single core dengan kecepatan 800MHz. Untuk menunjang beban kerja prosesor dibantu oleh RAM sebesar 512MB dan GPU Adreno 200 yang membantu menampilkan grafisnya. Sementara itu, untuk ruang penyimpanan di sediakan memori internal sebesar 3GB yang bisa ditambah melalui slot kartu memori yang terletak dibawah baterai.  

KESIMPULAN
Harga: Rp. 1.649.000
Sony memang menyasarkan Xperia Tipo Dual untuk kalangan kelas bawah atau entry level sehingga desain yang ditawarkan lebih mungil. Tetapi buat anda yang menginginkan ponsel yang memiliki kemampuan Dual SIM dan Android Ice Cream Sandwich dengan harga terjangkau, ponsel ini bisa menjadi salah satu yang bisa anda pertimbangkan. Beberapa kekurangan yang ada diantaranya kamera tanpa flashlight, video belum support HD dan layar yang kurang lebar.
Share ke temanmu : :

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung
Komentar yang berkualitas saya harapkan dari para pengunjung situs ini
(Karena banyaknya komentar yang masuk spam, sebaiknya gunakan nama untuk memberikan komentar)

 
Copyright © 2012. CingheDotCom - All Rights Reserved - About Me | Contact Us | Kebijakan Privasi