Terbaru »

Perancang Desain Laptop Pertama Meninggal Dunia

Penulis : di 18:47


Apakah anda tahu siapa perancang desain laptop pertama kali? Laptop yang kita gunakan setiap hari ternyata pertama kali didesain pada tahun 1979 oleh seorang pria asal Inggris. Pria tersebut bernama lengkap William Grant Bill Morggridge yang lahir di London 25 juni 1943. Bill Moggridge menciptakan sebuah karya yang paling dikenal bernama Grid Compass.

Grid Compass merupakan sebuah komputer clamshell dengan layar ditutup di atas keyboard. Dengan karyanya tersebut, Moggridge dianggap sebagai penemu pertama komputer jinjing (laptop) dan memulai debutnya pada tahun 1982 dengan harga USD8,150 yang dipasarkan oleh perusahaan Grid System Corp.
image from CNET
Komputer jinjing buatan Moggridge dibalut dengan bahan material magnesium alloy dan sangat populer saat itu. Pada saat itu, Grid Compass menggunakan prosesor intel 8086 dan mengusung layar 320x40 dengan layar electroluminescent. Perangkat ini juga digunakan oleh militer Amerika Serikat dan digunakan NASA dalam misi penerbangan luar angkasa pada tahun 1985.

Walaupun pada saat itu banyak yang sedang mengembangkan komputer portable, tetapi Grid System berhasil memenangkan paten untuk desain komputer dengan layar berengsel yang dapat dilipat ke bagian belakang mesin.

Berkat karyanya tersebut, Bill Moggridge mendapatkan Lifetime Achiement Award di National Design Award pada tahun 2009dan memperoleh Prince Philip Designer pada tahun 2010. Bill Moggridge meninggal pada usia 69 tahun di San Fransisco karena penyakit kanker dan meninggalkan seorang istri dan dua orang putra.

Sumber: CNET
Share ke temanmu : :

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung
Komentar yang berkualitas saya harapkan dari para pengunjung situs ini
(Karena banyaknya komentar yang masuk spam, sebaiknya gunakan nama untuk memberikan komentar)

 
Copyright © 2012. CingheDotCom - All Rights Reserved - About Me | Contact Us | Kebijakan Privasi