Terbaru »

Aplikasi Pemantau Gempa Di Smartphone

Penulis : di 13:28


Indonesia merupakan negara yang memiliki titik gempa terbanyak didunia yaitu 129 titik. Selain itu indonesia juga merupakan negara dengan rawan gempa yang mengakibatkan tsunami terbesar didunia. Kenapa bisa rawan terjadi gempa? karena Indonesia dikepung oleh tiga lempeng tektonik dunia selain itu negara ini juga dilalui oleh Cincin Api Pasifik yang merupakan rangkaian gunung api aktif didunia. Oleh karena itu CingheDotCom akan berbagi agar kita bisa memantau gempa langsung dari smartphone anda. Punya ponsel pintar juga harus pintar menggunakannya jangan cuma buat gaya-gayaan saja tetapi bisa untuk yang lebih bermanfaat. Langsung saja lihat dibawah ini :


WINDOWS PHONE
Untuk pengguna smartphone berbasis WindowsPhone seperti keluaran Nokia atau HTC ada dua aplikasi yang bisa digunakan. Aplikasi tersebut bisa memantau Gempa yang juga terdapat peta digital yang diperoleh dari informasi BMKG. Dua aplikasi tersebut yakni Gempa dan Info Gempa, anda bisa mendownloadnya di Marketplace. Di aplikasi tersebut anda akan mendapatkan informasi gempa dititik koordinat geografi dan juga kedalaman terjadinya gempa.

ANDROID
Untuk pengguna android ada beberapa yang bisa digunakan antara lain Gempadroid, Info Gempa dan Cuaca, Gempa Indonesia. Saya hanya akan membahas Gempadroid karena aplikasi ini yang terlengkap menurut saya, Gempadroid akan memberikan informasi yang disampaikan secara realtime. Selain itu aplikasi ini juga akan menandai setiap tingkatan gempa yang terjadi dengan warna yang berbeda, jika  warna hijau dan biru untuk tingkatan kecil dan menengah sedangkan warna merah untuk gempa yang tergolong tingkatan gempa besar.

iPHONE
Untuk pengguna iOS baik iPhone, iPad dan iPad Touch tidak ada aplikasi khusus yang bisa digunakan untuk memantau gempa buatan lokal tetapi anda bisa menggunakan aplikasi buatan luar negri. Anda bisa menggunakan seperti Quakes - Earth Notification, Earthquake, dan Earthquake Alert. Semua aplikasi tersebut bisa memantau seluruh gempa di belahan dunia manapun termasuk indonesia. Pada aplikasi Earthquake (versi berbayar) anda bahkan bisa melihat lokasi-lokasi yang memiliki kemungkinan akan terjadinya tsunami ketika gempa terjadi.

BLACKBERRY
Untuk pengguna BlackBerry, anda bisa menggunakan aplikasi seperti GempaLoka untuk memantau gempa yang terjadi. Aplikasi ini akan memberikan anda informasi gempa dari seluruh penjuru daerah ketika gempa sedang terjadi seketika itu juga. Aplikasi ini juga memberikan info secara detail seperti daerah kejadian gempa, posisi gempa, tingkatan gempa dan juga memberikan titik koordinat di peta google.


Gempa tidak bisa diprediksi kapan akan datang dan menggunjang tempat anda oleh karena itu waspada pada setiap saat patut anda lakukan agar anda bisa menyelamatkan seluruh keluarga anda dari bahaya gempa. Dengan menggunakan aplikasi peringatan adanya gempa ini bisa membantu anda untuk selalu waspada.
Share ke temanmu : :

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung
Komentar yang berkualitas saya harapkan dari para pengunjung situs ini
(Karena banyaknya komentar yang masuk spam, sebaiknya gunakan nama untuk memberikan komentar)

 
Copyright © 2012. CingheDotCom - All Rights Reserved - About Me | Contact Us | Kebijakan Privasi