Terbaru »

[Review] Nokia Asha 309 - Unggulkan Browser Cepat dan Harga Terjangkau

Penulis : di 17:03


DESAIN

Dimensi: 109,9 x 54 x 13mm; Berat: 104gram; Model: Candybar; Layar sentuh
Nokia Asha 309 memiliki desain yang mirip dengan Asha 308 serta bobot dan dimensi yang sama. Berbentuk trapesium pada bagian atas dan membulat argonomis menjadikan bentuk yang khas dari ponsel ini. Nokia Asha 309 memiliki 2 buah tombol fisik yang terletak dibawah layarnya dan berfungsi untuk call dial untuk bagian kiri dan end call / back untuk sebelah kanannya.

Pada bagian atas sisinya, terdapat port microUSB yang sekaligus berfungsi sebagai pengisi daya baterai dan berdampingan port jack audio 3.5mm sebagai colokan handfree. Bahan material yang terbuat dari plastik glossy membuat ponsel ini terasa licin saat digenggam.

LAYAR

Display: TFT Capacitive touchscreen, 56k color; Ukuran: 3,0 inci; Resolusi: 240 x 400 piksel (155ppi); Protection: Scratch-resistant glass
Nokia Asha 309 memiliki layar yang cukup responsif dan lancar saat digunakan menggulir halaman demi halaman. Layar sentuh kapasitif yang diusungnya menawarkan grafis yang tajam walaupun belum dibekali pelindungan anti gores Gorilla Glass.

Nokia Asha 309 memiliki interface yang unik dengan notifikasi tray yang menyerupai notification bar milik Android. Untuk membuka kunci, pengguna cukup menggeserkan layar dengan jari ke samping kanan. Saat memasuki halaman menu, terdapat 3 buah slide sheet menu yang pada sheet pertama merupakan halaman depan atau home, sedangkan sheet kedua adalah menu baru dan sheet terakhir menyajikan call dialler.

KAMERA

2MP (1200 x 1600 piksel); Video recorder: 176 x 144 @13fps
Nokia Asha 309 hanya dibekali satu kamera tunggal dengan kemampuan sebesar 2MP tanpa adanya flash light. Untuk kualitas gambar yang dihasilkan cukup tajam jika objek mendapatkan pencahayaan yang mencukupi, tetapi saat digunakan mengambil objek dengan minim suplai cahaya, hasil foto terlihat gelap dan berbintik-bintik. Sedangkan untuk merekam video masih kurang memuaskan, karena terlihat berbintik-bintik dan mengalami jeda yang cukup terasa saat objek yang direkam dalam keadaan bergerak.

Hasil foto dan video dapat langsung dibagikan ke teman melalui email, bluetooth dan SMS. Sayangnya saat digunakan mengirim foto atau video dengan kapasitas memori yang sedikit besar,proses pengiriman berlangsung lama, karena memang ponsel ini belum mendukung jaringan 3G.

MULTIMEDIA

Audio: MP3 / WAV / WMA / AAC+; Video: MP4 / H.264 / H.263 / WMV; Radio: Stereo FM with RDS, FM Recording;
Pemutar musik yang ada pada Nokia Asha 309 dapat mengelompokkan lagu berdasarkan artis, album, genre dan video. Sedangkan playlist akan menyajikan daftar lagu yang sedang anda mainkan, lagu yang baru ditambahkan serta lagu yang sering anda dengarkan. Tampilan pemutar lagu yang ada pada Asha 309 terlihat sederhana hanya ada tampilan durasi lagu yang sedang diputar, play / pause, forward dan rewind. Untuk setting yang ada pada pemutar musik, anda dapat memutar lagu dengan beberapa pilihan equalizer, shuffle, repeat dan sebagainya.

INTERNET dan KONEKTIVITAS

Wi-Fi, GPRS, EDGE, Bluetooth v3.0 with A2DP, microUSB 2.0
Nokia Asha 309 menggunakan versi terbaru Nokia Xpress Browser yang mampu menghemat bandwidth hingga 90%. Selain itu Asha 309 juga dilengkapi aplikasi Nokia Life yang dapat memberikan anda pengetahuan terhadap konten pendidikan, kesehatan dan hiburan.

Pengguna dapat menggunakan layanan data operator untuk mengakses internet, tetapi sayangnya jalur koneksi yang digunakan hanya sebatas 2G saja. Untuk jalur lain yang lebih cepat, bisa menggunakan koneksi Wi-Fi pada area hotspot.

FITUR LAIN

Java Midp 2.1, Chat, Orginizer, Voice Memo, Predictive text input, Dictionary, Timer, Voice Recorder, News Read and Weather, Tips and Offers, Email, Facebook, Twitter Maps, Game Gratis EA
Nokia Asha 309 dilengkapi fitur yang terintegrasi dengan jejaring social seperti Facebook dan Twitter. Selain itu juga dibekali beberapa game gratisan dari EA Game yang bisa didownload dari link yang sudah disediakan seperti Need For Speed, Bejeweled dan sebagainya. Asha 309 juga diberikan fasilitas chat via Yahoo, Google talk, Facebook atau Nokia Chat.

HARDWARE

Prosesor: 800MHz; Memori: RAM 128MB, Internal: 64MB, Eksternal: microSD hingga 32GB
Nokia Asha 309 slain memiliki desain yang mirip juga menggunakan hardware yang sama dengan Asha 308. Berbekal prosesor dengan kecepatan 800MHz serta didukung RAM 128MB cukup memberikan kinerja yang bagus saat digunakan menjelajah antar menu. Ruang penyimpanan internal yang diberikan pada ponsel ini sangat kecil yaitu 64MB, tetapi anda tidak perlu cemas karena Asha 309 dilengkapi slot memori eksternal yang mampu menampung microSD hingga berkapasitas 32GB.

KESIMPULAN

Harga: Rp. 999.000 per November 2012
Nokia Asha 309 merupakan varian baru untuk melengkapi seri Asha yang menargetkan kalangan kelas bawah. Walaupun pada seri terbaru ini tidak dilengkapi dengan dual SIM seperti pada Asha 308, tetapi hadirnya fitur Wi-Fi bisa menjadi pelengkap dari seri sebelumnya. Beberapa yang perlu disesalkan pada Asha 309 diantaranya belum support jaringan 3G, bahan material yang licin dan kualitas kamera yang tanpa dibekali lampu flash. Tetapi dengan adanya fitur Xpress Browser yang disematkan bisa sedikit mengobati kekecewaan pada Asha 309, karena browser terbaru Nokia tersebut menawarkan kemampuan mengkompresi data hingga 90% dan mempercepat akses data internet khususnya pada negara berkembang.
Share ke temanmu : :

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung
Komentar yang berkualitas saya harapkan dari para pengunjung situs ini
(Karena banyaknya komentar yang masuk spam, sebaiknya gunakan nama untuk memberikan komentar)

 
Copyright © 2012. CingheDotCom - All Rights Reserved - About Me | Contact Us | Kebijakan Privasi