Terbaru »

Samsung VS Apple - Tetap "Berteman" Meski "Berperang"

Penulis : di 20:43


Dalam persidangan di Amerika Serikat, dewan juri menyatakan bahwa Samsung melanggar beberapa paten milik Apple, sedangkan dalam sidang di Korea Selatan menyatakan bahwa kedua perusahaan tersebut bersalah. Meski saling berseteru soal hak paten, namun kedua perusahaan tersebut tetap menjaga hubungan bisnis yang bernilai milyaran dollar amerika.

Dalam kerjasama diantara kedua perusahaan tersebut, Samsung merupakan salah satu pemasok terbesar buat Apple. Samsung masih menjadi satu-satunya penyuplai prossesor micro untuk iPhone dan iPad.Selain itu Samsung juga menyediakan komponen lain seperti chip DRAM, memori NAND dan layar datar untuk perangkat mobile Apple.

Menurut perkiraan Morgan Stanley yang saya kutip dari Reuters, penjualan komponen Samsung bisa menembus 13 miliar dollar AS pada tahun depan dan memberikan laba 2.2 miliar dolar AS.

Menurut para pakar ahli dan analisis, hubungan simbiosis antara Apple dan Samsung akan tetap terjaga dengan baik dan tidak akan mengambil resiko terhadap perseteruan soal hak paten tersebut.

"Apple membutuhkan Samsung untuk membuat komponen iPhone dan iPad. Samsung adalah pemasok tunggal chip prosesor Apple dan tanpa Samsung, mereka tidak bisa membuat produk ini", kata James Song, analisis dari Daewoo Securities KDB di Seoul.

Pihak Samsung sendiri menepis kekhawatiran bahwa perseteruan dengan Apple akan mempengaruhi bisnis komponennya.

"Kontrak bisnis tetap menjadi isu terpisah dengan litigasi yang sedang berlangsung, dan tidak ada perubahan untuk itu", ujar salah seorang eksekutif Samsung pada pertemuan hari minggu dengan pihak Reuters.

Perang paten antara Apple dan Samsung dimulai sejak tahun 2010 yang lalu ketika Samsung meluncurkan model Galaxy pertama kali. Pihak Apple merasa bahwa produk Galaxy milik Samsung meniru desain dan software iPhone. Apple mengajak Samsung untuk bernegoisasi dan membayar lisensi untuk produk Galaxy-nya, tetapi Samsung menolaknya dan akhirnya Apple mengambil langkah jalur hukum.

Sumber: Reuters.com
Share ke temanmu : :

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung
Komentar yang berkualitas saya harapkan dari para pengunjung situs ini
(Karena banyaknya komentar yang masuk spam, sebaiknya gunakan nama untuk memberikan komentar)

 
Copyright © 2012. CingheDotCom - All Rights Reserved - About Me | Contact Us | Kebijakan Privasi