Terbaru »

[Review] HTC Desire V - Dual SIM Berfitur Lengkap

Penulis : di 18:46


Seri Desire merupakan seri HTC yang lebih terjangkau namun tetap untuk kelas menengah keatas. Spesifikasi yang ditawarkan oleh HTC Desire V cukup menggiurkan apalagi ditambah sudah menggunakan Android Ice Cream Sandwich. Desire V masuk dalam kategori HTC dual sim yang diluncurkan bersamaan dengan Desire VC

DESAIN

HTC Desire V memiliki konsep desain premium yang mirip dengan HTC One X, berbentuk curva dengan dimensi 118.5 x 62.3 x 9.3 mm dengan berat 114 gram sehingga terasa nyaman saat dalam kantong saku. Dibandingkan Desire VC yang juga mengusung fitur dual sim, HTC Desire V memiliki bobot lebih ringan dan bentuk yang lebih kecil.

Bila dilihat dari depan tidak nampak adanya tombol satupun, hanya terlihat 3 buah tombol sentuh dengan fungsi Back, Home dan Multitasking. Pada bagian atas terdapat port audio 3.5mm dan tombol power, sedangkan bagian samping bagian kiri terdapat pengatur volume dan dibagian kanan terdapat port microUSB. Untuk bagian belakang, anda akan melihat sebuah kamera dan speaker. Kamera terlihat menarik  terutama pada bagian sekitar kamera, sedangkan speaker berada dibagian bawah bodi belakang.

LAYAR dan USER INTERFACE

HTC Desire V hadir dengan layar lega 4 inci WVGA dengan resolusi 480x800 piksel dan masih terasa nyaman saat digunakan meski hanya menggunakan satu tangan saja. Layar terlihat tajam dan cerah juga responsif saat menerima sentuhan jari, saat digunakan dibawah sinar matahari masih bisa dinikmati dengan baik.

HTC Desire V ber-OS Android 4.0 Ice Cream Sandwich dengan antarmuka khas HTC Sense UI v4.0. HTC Sense tersebut akan menampilkan homescreen yang menarik juga memberikan kemudahan saat bernavigasi yang bisa diisi dengan pintasan dan widget. Aturan default di Desire V menampilkan 5 icon dibawah layar yaitu call, email, menu, message dan kamera. Pengunci layarnya berupa cincin yang perlu digeser untuk membuka layar.

Antarmuka HTC Sense 4.0 tampil dengan cemerlang dibandingkan android pada umumnya, karena memang HTC Sense dibuat khusus untuk ponsel Android HTC sehingga tampilannya lebih keren dan lengkap.

DUAL SIM

HTC pintar dalam memanfaatkan ruang yang ada pada smartphonenya untuk memaksimalkan fungsi sekaligus menarik para konsumennya. Salah satu fitur yang menarik pada HTC Desire V adalah fitur Dual SIM. Desire V berslot dua GSM yang Dual On dengan penggunakan yang mudah. Pengguna tinggal memilih slot kartu GSM mana yang akan digunakan saat akan membuat panggilan. Begitu pula saat akan mengirim SMS. Sedangkan untuk mengakses internet, pengguna harus memilih terlebih dahulu pada pengaturan SIM slot mana yang akan dipakai. Untuk slot 1 sudah support dengan jaringan 3G HSDPA/HSPA sedangkan slot 2 hanya berjalan pada jaringan GPRS saja.

KONEKTIVITAS

Internet bisa dinikmati melalui Wi-Fi atau jaringan data operator. Namun hanya slot 1 yang sudah support dengan HSDPA sedangkan slot 2 hanya mendukung jaringan GPRS saja. Anda juga bisa menggunakan jaringan Wi-Fi bila dalam area hotspot, koneksi Wi-Fi sangat stabil dan lancar.

Untuk koneksi ke perangkat lain, anda bisa menggunakan jalur bluetooth dan kabel data micro USB. Saat ditancapkan ke komputer, anda akan mendapatkan 3 buah pilihan yaitu HTC Sync manager, Internet pass-troughh dan Internet tethering.

KAMERA dan MUSIK

HTC memberikan kamera yang cukup bisa diandalkan dengan kamera beresolusi 5MPx serta sudah dilengkapi autofokus dan lampu kilat. Untuk pengambilan objek diluar ruangan, hasil foto tajam dan warna terlihat cemerlang sedangkan untuk didalam ruangan hasil foto cukup alami tetapi kualitasnya biasa saja. Fokus yang ada pada kamera juga cepat saat mengambil objek muka manusia melalui fitur face detection. Saat menggunakan lampu kilat, bintik merah yang ada pada mata masih muncul pada hasil fotonya karena tidak adanya fitur red eye reduction.

Pemutar musik yang ada pada HTC Desire V cukup keren walaupun tanpa adanya grafis animasi seperti pada HTC lainnya. Aplikasi pemutar musiknya terintegrasi dengan SoundHound, TuneIn Radio dan 7digital. Suara yang keluar dari speaker mononya terdengar cukup keras, jernih dan alami. Suara speaker didominasi nada treble dan tengah. Saat ditancapkan headset fitur Sound Enhancer langsung aktif yang mengaktifkan beat audio, namun sayangnya tidak dilengkapi dengan equalizer ataupun pendongkrak nada bass.

KINERJA

HTC Desire V memiki kinerja yang cukup memuaskan saat digunakan olah menu dan membuka beragam aplikasi secara multitasking. Tidak ada masalah berarti seperti lag saat menjalankan aplikasi yang berat yang membutuhkan grafis yang tinggi serta saat digunakan membuka browser dengan berpindah-pindah tab secara cepat. Hal ini tentu karena penggunakan dapur pacu yang pas seperti prossesor Snapdragon S3 dengan clock 1 GHz dan memori RAM 512Mb serta bantuan grafis dari GPU Adreno 200.

SPESIFIKASI HTC Desire V

Fitur Keterangan
JaringanDual SIM GSM 850/900/1800/1900
HSDPA 900/2100
CPUProssesor 1GHz Cortex-A5 Qualcomm Snapdragon S3, GPU Adreno 200
MemoriInternal: 4GB Storage, RAM 512Mb
Eksternal: microSD hingga 32GB
LayarCapacitive touchscreen 16M warna, 4.0 inci WVGA (480x800 piksel), HTC Sense UI v4.0
Sistem OperasiAndroid OS 4.0 Ice Cream Sandwich
Kamera5MPx (2592x1944 piksel), autofocus, LED Flash, Face detection, Video HD
KoneksiHSDPA/HSUPA, Wi-Fi 802.11 b/g/n;Hotspot, Bluetooth v3.0 with A2DP, microUSB 2.0, Jack Audio 3.5mm
Fitur LainnyaRadio FM with RDS, Dual SIM On, A-GPS, Beats Audio, Google search, SNS Integration, Dropbox 25Gb, Maps, Gmail, MP3/eAAC+/WMA/WAV/MP4/WMV/H.263/H.264, TuneIn radio, 7digital, SoundHound, Polaris Office, Documen viewer, Voice memo/dial, Orginizer, Youtube, Adobe Flash Lite, HTML, kalender, Sensor: Proximity, Accelerometer, compass
BateraiLi-Ion 1650mAh
HargaRp. 3.200.000 (per Agustus 2012) Update harga HTC lain disini

KESIMPULAN

Walaupun sudah banyak pilihan android dual sim dari produk branded, HTC Desire V masih menjadi salah satu yang terbaik. Selain desain yang bagus, fitur yang ada juga lengkap dan berkualitas. Sayangnya masih terdapat sedikit noise pada kamera dan nada bass kurang terasa juga tanpa adanya equalizer.
Share ke temanmu : :

1 komentar:

Anonymous said...

Terima kasih atas sharenya.. cukup bermanfaat.. mudah2an anda bukan orang HTC.. trims

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung
Komentar yang berkualitas saya harapkan dari para pengunjung situs ini
(Karena banyaknya komentar yang masuk spam, sebaiknya gunakan nama untuk memberikan komentar)

 
Copyright © 2012. CingheDotCom - All Rights Reserved - About Me | Contact Us | Kebijakan Privasi